Saturday 9 June 2012

Password Mudah Ditebak

Amankan Password Akun Anda

Pelaku kejahatan cyber atau hacker terus melirik media sosial,seperti Facebook atau Twitter untuk melakukan kejahatan.Hal ini tak lain disebabkan kurangnya kesadaran pengguna menjaga keamanan akun miliknya.

Mark Fachriy,Senior Director Systems Enginering Symantec Jawa Tengah,mengatakan,penjahat cyber sering memanfaatkan pasword yang lemah dari sebuah akun jejaring sosial.Dengan kondisi itu,hacker akan lebih mudah membobol sebuah akun jika paswordnya mudah ditebak.

Fachriy menyarankan agar pengguna situs jejaring sosial membuat pasword yang kuat,jika perlu mengganti secara rutin.Selain itu,jika menemukan link atau konten yang mencurigakan dan tidak relevan,ada baiknya tidak di-klik dan laporkan penyalah gunaan.

Namun sekarang hacker telah menciptakan aplikasi pembobol akun.Bila hacker berhasil membobol sebuah akun,mereka bisa saja mengirim konten atau link yang membawa teman lain ke sebuah situs palsu yang kemungkinan besar akan mencuri data pribadi.

Sifat pertemanan di antara pengguna jejaring sosial membuat pengguna percaya begitu saja dengan link atau konten yang dikirim oleh teman mereka.Unsur kepercayaan ini juga yang dimanfaatkan para penjahat cyber.

Cracking bit

Mz Fachriy menemukan bahwa pengguna yang memiliki password dengan kekuatan kurang dari 10 bit akan memiliki kemungkinan untuk diserang,karena penyerang hanya memiliki 1.000 kemungkinan pasword yang dicobanya.
Menurut Fachriy,6 karakter password harus terdiri atas angka dan kombinasi huruf untuk menghasilkan keamanan sebesar 32 bit.Ia juga menyarankan untuk membuat 9 digit nomor sebagai pengganti pasword yang akan meningkatkan keamanan rata rata.

No comments:

Post a Comment